Metodologi Penelitian Kualitatif Berbagi Pengalaman dari Lapangan – Siti Kholifah & I Wayan Suyadnya

Rp130,000

Salah satu kekuatan mendasar dalam metodologi penelitian kualitatif adalah kemampuannya untuk menyediakan deskripsi tekstual yang kompleks tentang bagaimana keterlibatan manusia dan pengalaman hidupnya menimbulkan suatu pertanyaan. Secara kontekstual, keterlibatan itu sepenuhnya adalah ragam informasi yang kaya tentang sisi manusia dan suatu masalah, baik  berupa perilaku yang menyimpang, emosi, keyakinan, tindakan, pertentangan/konflik, emosi, relasi individu dengan individu yang lain (bahkan lingkungannya). Penelitian kualitatif dipercaya oleh sosiolog, antropolog, dan para peneliti di lingkungan humaniora untuk menemukan analisis terbaik menyangkut faktor-faktor yang tidak berwujud (intangible factors), misalnya norma, nilai, status sosial ekonomi, peran gender, etnisitas, agama, kesadaran manusia dan lainnya. Penelitian kualitatif pada fungsinya tidak boleh dipandang terpisah begitu saja dalam penelitian kuantitatif, keberadaannya dapat memperkuat interpretasi dan pemahaman yang lebih baik bagi seorang peneliti untuk mengungkap realitas yang sangat kompleks. Buku ini berdiri pada posisi di atas, keberadaannya bukan untuk menggantikan buku teks yang ada tetapi lebih pada sebuah kerendahan untuk berbagi dengan peneliti dan pembaca lainnya.

Buku ini lahir dari suatu keresahan akibat menurunnya perhatian pada isu metodologi dan rancangan penelitian di perguruan tinggi. Maksud awal buku ini adalah berbagi pengalaman untuk menumbuhkan kreativitas dalam melakukan pekerjaan lapangan penelitian, harapannya buku ini menjadi pemacu bagi peneliti untuk menemukan metode yang terbaik bagi masalah penelitian yang sedang dikerjakannya. Sebagai upaya memberikan pemahaman secara menyeluruh, buku ini didesain dengan memberikan uraian akar filsafat berupa paradigma konstruktivisme terlebih dahulu dan diikuti dengan metode lain mulai dari hermeneutik, fenomenologi, etnografi, etnometodologi, studi kasus, riset aksi partisipasif, analisis wacana kritis, semiotika, riset genealogi,  dan tentu saja pendekatan terkini etnografi digital. Tentu saja, buku ini sesungguhnya juga dapat dibaca secara terpisah antara satu bab dengan bab lain tergantung atas kebutuhan pembacanya.

Buku ini layak untuk dibaca oleh para peneliti, dosen/akademisi, guru, mahasiswa, praktisi, dan pembaca umum yang tertarik dengan penelitian. Secara khusus buku ini diperuntukkan bagi rumpun ilmu-ilmu sosial (sosiologi, antropologi, ilmu komunikasi, psikologi, dan ilmu pemerintahan) dan ilmu-ilmu humaniora (bahasa, sastra, dan budaya).

  • Penulis: Siti Kholifah & I Wayan Suyadnya
  • ISBN: 978-602-425-560-2
  • Halaman: 452
  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2018
, , Product ID: 14701

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Metodologi Penelitian Kualitatif Berbagi Pengalaman dari Lapangan – Siti Kholifah & I Wayan Suyadnya”

Pin It on Pinterest

Share This