Memahami Ilmu Pemerintahan – Muhadam Labolo

Rp74,000

Pemerintahan adalah gejala yang tak terhindarkan dimana pun dan kapan pun kita berada. Ia tak dapat dilepaskan begitu saja dari ruang kehidupan, disebabkan kebutuhan kita akan hadirnya pemerintahan yang mampu melaksanakan fungsinya dengan baik. Pemerintahan yang baik hanya mungkin jika ia terlahir dari masyarakat yang baik. Masyarakat yang baik hanya mungkin jika ia terdiri dari individu-individu yang baik. Individu yang baik hanya mungkin jika ia terlahir dari unit keluarga yang terbaik. Dalam konteks ini keluarga menjadi basis sosiologis tumbuhnya pemerintahan.

Ketika kepentingan individu berhadapan dengan kehendar orang lain, maka disadari atau tidak seringkali menimbulkan gesekan yang membutuhkan intervensi bagi terciptanya social order. Dalam hubungan ini secara politik, pemerintah kita hadirkan untuk melindungi kepentingan setiap individu dalam kerangka kehidupan bersama. Kehidupan bersama. Kehidupan bersama tadi membutuhkan keteraturan yang relative lama untuk menjamin keamanan bagi setiap individu dari ancaman pihak luar, sesamanya, bahkan ancaman dari pemerintah itu sendiri.

Kepentingan setiap individu pada umumnya berbentuk material, sekalipun pada tingkat tertentu berubah ke dalam bentuk pengakuan. Pada tingkat pertama kita membutuhkan pemerintah untuk melindungi kepentingan setiap individu dari rampasan orang lain terhadap kekayaan milik kita. Di sini motivasi ekonomi menjadi salah satu penyebab munculnya aktivitas pemerintahan dari yang paling klasik hingga ekonomi modern dewasa ini.

  • Penulis: Muhadam Labolo
  • ISBN: 979-3654-62-7
  • Halaman: 264
  • Ukuran: 13.5 x 20.5 cm
, Product ID: 6012

Pin It on Pinterest

Share This