Manajemen Keuangan Akuntansi Perusahaan Pelayaran – Engkos Kosasih

Rp123,000

Indonesia sebagai negara kepulauan yang secara geografis terletak antara dua benua dan dua samudera dikenal dengan sebutan Indonesia Locked Country. Posisinya yang strategis itu sangat menguntungkan Indonesia dalam kancah perdagangan internasional sehingga dapat dijadikan sebagai peluang yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan- perusahaan pelayaran nasional untuk mengembangkan bisnisnya. Namun sayangnya,  kegiatan pengangkutan ekspor-impor saat ini masih didominasi oleh perusahaan pelayaran asing. masih didominasi oleh perusahaan pelayaran asing. Untuk itu, pemberdayaan perusahaan pelayaran nasional sebagai unsur yang strategis dalam pembangunan ekonomi Indonesia menjadi sebuah keniscayaan. Pentingnya pemberdayaan perusahaan pelayaran nasional tersebut semakin diperkuat dengan lahirnya Inpres Nomor 5 Tahun 2005 tentang pemberdayaan Asas Cabotage yang bertujuan melindungi pelayaran nasional dalam pengangkutan barang perairan nasional sehingga dapat menjadi tuan di negaranya sendiri.

Untuk menjalankan perusahaan pelayaran nasional, selain harus didukung oleh SDM yang andal dan profesional, juga harus ditunjang oleh pengetahuan serta wawasan yang luas di bidang manajemen perusahaan pelayaran, terutama dalam bidang manajemen keuangan dan akuntansi sebagai pengetahuan pendukung keberhasilan suatu usaha pelayaran dalam mengoperasikan kapal niaga. Namun sayang, belum ada buku yang khusus membahas tentang manajemen keuangan dan akuntansi pada perusahaan pelayaran. Untuk itulah dihadirkan buku ini, dengan harapan dapat membantu secara cepat untuk menguasai seluk-beluk masalah keuangan dan akuntansi pada perusahaan pelayaran secara praktis. Buku ini menyajikan hal-hal yang berhubungan dengan manajemen keuangan dan akuntansi secara komprehensif dengan contoh-contoh beserta formulir yang dapat digunakan sebagai acuan praktis pada perusahaan pelayaran.

Buku yang ditulis oleh para praktisi dan akademisi dalam bidang pelayaran niaga ini, diharapkan dapat membantu para mahasiswa atau staf perusahaan pelayaran dalam memahami pengetahuan tentang perusahaan pelayaran, teutama dalam hubungannya dengan keberadaan Indonesia sebagai negara maritim dan pelayaran nasional sebagai unsur yang vital dan strategis dalam pembangunan ekonomi Indonesia.

  • Penulis: Engkos Kosasih
  • ISBN: 979-769-1-080
  • Halaman: 546
  • Ukuran: 13.5 x 20.5 cm
, Product ID: 6138

Pin It on Pinterest

Share This