Manajemen Bisnis Transportasi Laut, Carter, dan Klaim

Rp180,000

Perubahan konstelasi pola perdagangan internasional berimplikasi terhadap manajemen transportasi laut. Perusahaan pelayaran yang dulu secara tradisional menyediakan jasa pengangkutan port to port ekspansi menjadi penyedia jasa logistik door to door services.

Penyedia jasa transportasi laut yang telah menjadi pusat jasa logistik berhasil menjalankan strategi pengintegrasian aktivitas bisnis upstream hingga downstream sehingga terbentuk transport and logistics chains.

Buku ini menguraikan aspek manajemen, organisasi, dan rencana strategis perusahaan pelayaran, diawali dengan hubungan korelasional antara perdagangan – pelayaran, penyediaan moda angkutan laut yang berkembang dinamis, pengadaan kapal melalui charter, pelayanan pelang gan berupa penyelesaian claim, dan diakhiri dengan strategi pembangun an transportasi laut nasional. Sistematika mencakup enam aspek pokok, yakni: a). Bab 1. Perdagangan internasional dan sistem transportasi; b). Bab-bab 2, 3, dan 4. Pelayaran niaga mengelola kapal, muatan, dan pengawakan; c). Bab 5. Pelabuhan dan terminal, infrastruktur strategis; d). Bab 6. Tanggung jawab Carrier; e). Bab 7 dan 8. Menyajikan seluk-beluk carter kapal dan klaim; dan f). Bab 9 dan 10. Pemikiran bagaimana visi organisasi pelayaran menggambarkan kejayaan masa mendatang.

Penulis yakin bahwa para pelaku bisnis yang telah memahami uraian dalam buku ini akan mampu menyelesaikan sedikit demi sedikit masalah bisnis yang dihadapinya, utamanya mengatasi berbagai jenis kelemahan pada lingkungan internal perusahaan sambil memanfaatkan peluang terbuka untuk pengembangan bisnis pelayaran niaga, bahkan ekspansi  melampaui predikat sebagai bahariwan “platinum” di negeri sendiri.

  • Penulis: Dr. D.A. Lasse, S.H., M.M..
  • ISBN: 9789797698447
  • Halaman: 550
  • Ukuran: 16 X 24 cm
  • Tahun Terbit: 2015

Pin It on Pinterest

Share This