Ilmu Fiqh dan Ushul Fiqh – Alaiddin Koto

Rp47,000

Dalam syariat Islam terdapat segala hukum yang mengatur semua tindak tanduk manusia, baik perkataan maupun perbuatan. Hukum-hukum itu adakalanya disebutkan secara jelas dan tegas dalam al-Qu’an dan hadis, dan adakalanya pula hanya disampaikan dalam bentuk dalil-dalil dan kaidah-kaidah secara umum. Untuk menentukan hukum dari sesuatu peristiwa atau perbuatan yang tidak disebut secara jelas dan tegas dalam dua sumber tersebut, ulama atau mujtahid melakukan ijtihad dengan menggunakan metode istimbath hukum yang disebut Ilmu Ushul Fiqh. Ilmu inilah yang menjadi alat utama dalam menetapkan hukum dari semua perpuatan atau peristiwa yang hukumnya tidak disebut secara dan tuntas dalam al-Qu’an dan hadis itu sendiri. Jadi Ilmu Ushul Fiqh adalah ilmu alat untuk menetapan hukum, dan menjadi ilmu yang keberadaannya tidak boleh tidak harus diketahui oleh siapa saja yang ingin melakukan ijtihad. Oleh sebab itu, kehadiran buku ini sangat pentingnya artinya bagi siapa saja yang ingin menggeluti dunia hukum Islam, terutama bagi mahasiswa yang sedang mempelajari metodologi hukum Islam di semua perguruan tinggi yang menyediakan kajian tentang hukum \islam itu sendiri.

Buku ini  menjabarkan secara mendasar mulai dari pengertian, perbedaan, objek, dan tujuan akhir dari ilmu fiqh dan ilmu ushul fiqh, serta memaparkan sejarah perkembangannya. Kemudian dijabarkan mengenai hukum syar’i mulai pengertian, pembagian, hingga sumber-sumber hukum Islam. Beberapa tujuan pokok disyariatkannya hukum Islam Selanjutnya dipaparkan pula mengenai sebab-sebab perbedaan pendapat dalam memahami Al-Quran dan Sunnah. Serta penjabaran dalil dan hukum, baik kulli maupun juz’i.

Buku pengantar ini sangat penting untuk dibaca oleh mahasiswa perguruan tinggi Islam, baik UIN, IAIN, PTIS, maupun umat Islam pada umumnya yang ingin memahami hukum dan metode hukum Islam dengan pendekatan fiqh dan ushul fiqh.

 

  • Penulis: Alaidin Koto
  • ISBN: 979-3654-34-1
  • Halaman: 176
  • Tahun Terbit: 2010
, Product ID: 6068

Pin It on Pinterest

Share This