Hukum Lingkungan Internasional – Sukanda Husin

Rp72,000

Dewasa ini, isu lingkungan merupakan isu yang tidak dapat tidak menjadi perhatian penting. Ini karena perusakan dan pencemaran lingkungan yang terjadi tidak saja berdampak negatif bagi kehidupan ekologi—yang kemudian dapat mengancam kehidupan mahkluk hidup seperti hewan dan tumbuhan—namun juga dapat berdampak buruk terhadap manusia dari berbagai aspek mulai dari kesehatan, sosial hingga ekonomi. Oleh sebab itu, tak hanya dibutuhkan kesadaran, tetapi juga hukum yang mengatur mengenai pencegahan pencemaran atau perusakan lingkungan sehingga degradasi lingkungan tidak semakin massif terjadi.

Buku ini berbicara mengenai hukum lingkungan internasional terkait pencegahan pencemaran dan perusakan lingkungan. Terdiri atas beberapa bab, buku ini dibuka dengan pembahasan sejarah, perkembangan dan sumber hukum linngkungan internasional. Selanjutnya dibahas perlindungan lingkungan laut dan pengendalian pencemaran hujan asam (acid rain). Lalu dibahas terkait pengaturan pencegahan penipisan  lapisan ozon dan pencegahan serta pengendalian perubahan iklim dunia. Setelah itu dibahas perihal pengaturan pencegahan pencemaran di Asia Tenggara dan pengaturan perlindungan  keanekaragaman hayati. Disambung kemudian dengan pembahasan prinsip tanggung jawab negara (state responsibility principle) dalam pencemaran lintas batas negara dan hukum lingkungan internasional dan ISO 14001. Di bagian akhir disajikan pembahasan perihal penaatan dan penyelesaian sengketa dalam rezim pencemaran atmosfer.

Buku ini dapat dibaca oleh para mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari Fakultas Hukum. Selain itu, dapat dibaca pula oleh para pengajar Fakultas Hukum dan mereka yang memiliki minat dengan isu-sisu hukum lingkungan internasional.

  • Penulis: Dr. Sukanda Husin, S,H., LL.M.
  • ISBN: 9786024250430
  • Halaman: 252
  • Ukuran: 15,5 X 23 cm
  • Tahun Terbit: 2016
, Product ID: 8357

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Hukum Lingkungan Internasional – Sukanda Husin”

Pin It on Pinterest

Share This