Guru Profesional – Kunandar

Rp97,000

Guru memegang peranan penting terhadap keberhasilan implementasi kurikulum KTSP, karena gurulah yang pada akhirnya akan melaksanakan kurikulum di dalam kelas. Gurulah garda terdepan dalam implementasi kurikulum. Guru adalah kurikulum berjalan. Sebaik apa pun kurikulum dan sistem pendidikan yang ada, tanpa didukung mutu guru yang memenuhi syarat, maka semuanya akan sia-sia. Peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia tidak cukup dengan pembenahan di bidang kurikulum saja, tetapi harus juga diikuti dengan peningkatan mutu guru di jenjang tingkat dasar dan menengah. Tanpa upaya meningkatkan mutu guru, semangat tersebut tidak akan mencapai harapan yang diinginkan (Kunandar, Kompas, 2 Oktober 2006).

 

Oleh karena itu, keberadaan guru yang profesional tidak bisa ditawar-tawar lagi. Guru yang profesional adalah guru yang memiliki sejumlah kompetensi yang dapat menunjang tugasnya. Ada empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi (UU nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 10 ayat 2).

 

Guru profesional mencerminkan sosok guru yang mempunyai wawasan tentang pendidikan secara luas, baik yang sifatnya makro maupun mikro. Dalam buku ini para guru akan memperoleh informasi yang komprehensif berkaitan dengan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru yang dapat menunjang tugas profesionalnya. Buku ini membahas (1) Pendidikan Indonesia dan Problematikanya; (2) Guru dan Permasalahannya; (3) Menjadi Guru Profesional; (4) Kurikulum Pendidkan di Indonesia (Kurikulum 1968 hingga KTSP); (5) Pengembangan Program Pembelajaran dalam KTSP; (6) Pelaksanaan Pembelajaran Bermakna dan Kontekstual dalam KTSP; dan (7) Evaluasi Hasil Belajar dalam KTSP.

 

Pembahasan dalam buku ini secara lugas memadukan antara pendekatan teoretis dan pendekatan praktis. Pendekatan teoretis penulis peroleh melalui kajian literatur dan diskusi-diskusi ilmiah dalam studi penulis di program Doktor Universitas Negeri Jakarta. Sementara itu, pendekatan praktis penulis peroleh dari pengalaman sebagai guru dan kini sebagai widyaiswara di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) DKI Jakarta. Sebagai widyaiswara penulis akrab dan dekat dengan para guru ketika melakukan pelatihan dan pendampingan dalam sebuah diklat, workshop, seminar, dan kegiatan sejenis lainnya. Persoalan-persoalan yang dihadapi para guru di lapangan, terutama berkaitan dengan metode dan evalusi hasil belajar, dibahas secara tuntas dan gamblang dalam buku ini.

  • Penulis: Kunandar
  • ISBN: 978-979-769-113-4
  • Halaman: 468
  • Ukuran: 13,5 x 20,5 cm
  • Tahun Terbit: 2009
, Product ID: 6508

Pin It on Pinterest

Share This