Filsafat Pendidikan – Jusrin Efendi Pohan

Rp95,000

Pendidikan dapat dipandang sebagai aplikasi dari pemikiran filosofis, sedangkan para filsuf selaras dengan pemikirannya. Filsafat yang memberikan kerangka konseptual yang holistik tentang manusia dalam pendidikan, sedangkan pendidikan yang meletakkan manusia sebagai titik tolak (starting point) dan sebagai titik tujuan (ultimate goal). Oleh sebab itu, pemaknaan pendidikan berawal dari pemaknaan tentang hakikat manusia dan manusia yang melahirkan teori pendidikan. Teori pendidikan itulah yang dipraktikkan dalam proses pembelajaran dari berbagai aliran filsafat.

Pendidikan bukan sekadar pengembangan manusia secara fisiologis, pengayaan materiil, maupun keterampilan, melainkan pendidikan berlangsung secara sistematik dan relasional untuk membentuk manusia yang sesungguhnya. Landasan ilmu pendidikan menjadi proses pemanusiaan manusia, yaitu hakikat manusia sebagai makhluk pendidikan yang pada akhirnya akan terwujud kesadaran terhadap nilai-nilai kemanusiaan. Kesadaran manusia sebagai manusia tidak dibawa lahir, tetapi diperlukan pendidikan untuk menopang aspek sikap, keterampilan, dan pengetahuan (kognitif).

Buku Filsafat Pendidikan: Teori Klasik Hingga Postmodernisme dan Problematikanya di Indonesia ini menyajikan pemikiran-pemikiran filosofis terhadap teori-teori pendidikan yang dimulai dari teori klasik hingga postmodern. Di samping itu, buku ini juga menyajikan masalah-masalah pendidikan yang terjadi dan sudah menjadi rahasia umum yang hendaknya perlu dicari solusinya bersama. Beberapa solusi yang ditawarkan sebagai “obat” masalah-masalah pendidikan tersebut juga dihadirkan dalam buku ini. Buku ini sangat cocok dimiliki oleh aktivis penggiat pendidikan, guru, dosen, dan mahasiswa S-1, S-2, S-3 sebagai wahana pergulatan keilmuan pendidikan.

  • Penulis: Jusrin Efendi Pohan
  • ISBN: 978-623-231-030-8
  • Halaman: 286
  • Ukuran: 15 x 23 cm
  • Tahun Terbit: 2019
, , Product ID: 17618

Review

Belum ada ulasan.

Be the first to review “Filsafat Pendidikan – Jusrin Efendi Pohan”

Pin It on Pinterest

Share This