Ekonomi Wilayah Perkotaan – Safrijal

Rp87,000

Ilmu Ekonomi Wilayah dan Perkotaan adalah cabang dari ilmu ekonomi yang relatif baru dan berkembang cukup pesat. Hal ini disebabkan karena ilmu ini memasukkan secara eksplisit aspek lokasi dan tata ruang wilayah ke dalam analisis ekonomi sehingga pembahasannya menjadi lebih realistis dan operasional sesuai dengan kondisi daerah bersangkutan. Pada dasarnya ilmu ini merupakan gabungan dari dua cabang Ilmu Ekonomi yaitu Ekonomi Regional (Wilayah) dan Ekonomi Perkotaan. Dewasa ini, hampir semua universitas telah menawarkan mata pelajaran ini kepada para mahasiswanya, sedangkan buku teks dalam bahasa Indonesia masih sangat langka. Buku ini diharapkan akan dapat mengatasi keterbatasan tersebut.

Selanjutnya, ketika otonomi daerah secara resmi diterapkan di Indonesia pada tahun 2001, ilmu ini menjadi semakin bermanfaat dan populer di kalangan aparatur karena pemerintah daerah, baik provinsi, kabupaten dan kota, diberikan wewenang yang lebih besar untuk menentukan arah dan kebijakan pembangunan pada wilayahnya masing-masing. Karena itu, di samping untuk tujuan pendidikan di tingkat perguruan tinggi, buku ini juga bermanfaat bagi aparatur daerah sebagai landasan utama dalam merumuskan kebijakan dan menyusun dokumen perencanaan pembangunan daerah khususnya dalam bidang ekonomi.

Buku ini umumnya digunakan sebagai salah satu buku acuan Strata I pada Fakultas Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan untuk mata pelajaran Ekonomi Regional dan Ekonomi Perkotaan. Di samping itu, buku ini dapat pula dijadikan salah satu buku acuan untuk pendidikan Strata I pada Fakultas Teknik, Jurusan Planologi. Selanjutnya, buku ini dapat pula digunakan sebagai salah satu buku acuan untuk pendidikan Strata II baik pada Program Studi Ilmu Ekonomi, Perencanaan Pembangunan (PPN dan PWD) serta Perencanaan Wilayah dan Perkotaan (PWK). Bahkan, buku ini dapat juga dijadikan salah satu pegangan untuk para perencana pembangunan (Planners) pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

  • Penulis: Sjafrizal
  • ISBN: 978-979-769-454-8
  • Halaman: 324
  • Tahun Terbit: 2012

Pin It on Pinterest

Share This