Bimbingan dan Konseling – Tohirin

Rp85,000

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) ternyata membawa dampak positif maupun negatif dengan kompleksitas yang berbeda. Di antara dampak negatif perkembangan IPTEK adalah muncul perilaku salah suai (maladaptif) di kalangan peserta didik seperti: tawuran antar pelajar, seks bebas, bulying, mencontek dalam ujian, penggunaan obat-obat terlarang, narkoba dan lain sebagainya. Sangat ironi, karena perilaku tersebut di atas dilakukan individu-individu yang sedang dalam proses pendidikan (peserta didik). Ini menjadi indikasi bahwa proses pendidikan yang pencapaian tujuannya melalui proses pembelajaran di kelas, belum sepenuhnya mampu membentuk peserta didik sebagaimana diamanahkan dalam tujuan pendidikan nasional yaitu manusia yang cerdas, terampil dan berbudi pekerti luhur (beriman dan bertaqwa). Selain itu, potensi (fitrah) peserta didik sebagai individu seperti kecerdasan, bakat, minat, cita-cita dan lain sebagainya juga belum terkembangkan dan tersalurkan secara optimal melalui proses pendidikan dan pembelajaran di kelas.

Untuk memecahkan berbagai persoalan di atas, penyelenggaraan pendidikan dan proses pembelajaran perlu bersinergi dengan pelayanan bimbingan konseling. Tujuan proses pendidikan dan pembelajaran tidak akan tercapai secara efektif tanpa adanya pelayanan bimbingan konseling (Juntika dan Sudianto 2005). Optimalisasi pelayanan bimbingan konseling di sekolah dan madrasah perlu dilakukan untuk mencapai visi, misi dan tujuan pendidikan dan proses  pembelajaran di sekolah dan madrasah yang bersangkutan. Selain itu, implementasi pelayanan bimbingan konseling secara optimal di sekolah dan madrasah perlu didukung oleh ketersediaan sumberdaya manusia guru bimbingan konseling. Untuk itu, buku ini bisa menjadi rujukan bagi siapa saja yang sedang mempersiapkan diri menjadi tenaga bimbingan konseling di sekolah dan madrasah serta bagi praktisi bimbingan konseling lainnya.

  • Penulis: Tohirin
  • ISBN: 979-769-117-2
  • Halaman: 374
  • Tahun Terbit: 2009
, Product ID: 6504

Pin It on Pinterest

Share This