Akhlak Tasawuf Pengenalan Pemahaman dan Pengaplikasiannya – Ahmad Bangun Nasution & Rayani Hanum Siregar

Rp110,000

Dalam kancah modernis, sering kali pendekatan tasawuf menjadi alternatif dalam memasuki wilayah religius. Melihat dan merasakan sejauh mana potensi hati dan keutuhan jiwa untuk masuk ke dalam dunia sufisme. Oleh karena itulah, kelahiran tokoh-tokoh Sufi menjadi salah satu ciri khas tersendiri keadaan tersebut.

Sebelum tasawuf modern yang diusung Buya Hamka menjadi wacana awal untuk mengubah paradigma bersufi di jalan Allah. Maka terlebih dahulu, al-Ghazali menelurkan kelahiran Tasawuf tersebut. Dengan berbagai kritikannya terhadap falsafah yang acapkali menggali kebenaran dari sudut nalar. Sehingga pada abad ke-5 Hijriyah al-Ghazali menyatakan ke-hijrahannya dari falsafah ke tasawuf. Dan semua diperolehnya dalam  khalwah, riyadhah, dan mujahadahnya.

Untuk saat ini, klasifikasi Tasawuf menjadi sangat beragam. Pendekatan Irfani dengan metodologi klasik dalam bertasawuf, seolah mendapat “imbangan“ dalam mempraktikkan tasawuf untuk lebih masuk pada wilayah Syar’i meski tidak dapat dipungkiri, wilayah akhlaki dan falsafi juga harus memiliki peran penting untuk membungkus itu semua. Membiarkan seluruh tubuh secara lahir dan bathin untuk masuk pada penghambaan yang sempurna di sisi Allah Swt.

Buku ini menyajikan dimensi-dimensi Tasawuf, berikut sejarah ringkas tokoh-tokoh sufi yang bisa menjadi sumber referensi dan inspirasi kajian akademis tentang studi Akhlak Tasawuf.

  • Penulis: Ahmad Bangun Nasution
  • ISBN: 978-979-769-564-4
  • Halaman: 356
  • Ukuran: 15.5 x 23 cm
, Product ID: 6098

Pin It on Pinterest

Share This