Agenda Setting Media Massa – Apriadi

Rp35,000

Harus diakui jika media massa memiliki kekuatan besar memengaruhi opini publik. Melalui fungsi agenda setting, media massa mampu mengubah peristiwa biasa menjadi luar biasa penting bagi publik,dan faktanya memang banyak kejadian penting di dunia digerakkan oleh media massa.

Fungsi agenda setting bergerak dalam tiga hal yaitu: pertama, agenda media melalui penonjolan isu-isu tertentu melalui berita, kedua agenda publik, yaitu opini atau sikap masyarakat terhadap suatu isu, dan ketiga, agenda kebijakan sebagai bentuk respon sikap pemerintah atas berkembangnya suatu isu.

Buku ini secara spesifik mengulas agenda setting media massa bekerja dalam tataran teoritis tetapi juga praktis. Secara teoritis, mengurai proses terbentuknya agenda setting baik secara filosofis, sejarahnya, penelitian ilmiah, dan tahapan terbentuknya agenda setting itu sendiri. Secara praktis menjelaskan bagaimana agenda setting itu bekerja dalam konstruksi pembuatan berita media massa, termasuk beberapa kejadian/peristiwa penting di mana proses agenda setting bekerja. Oleh karena memahami agenda setting media massa harus secara utuh guna memperoleh gambaran yang jelas bagaimana proses tersebut bekerja.

Buku ini menjadi acuan penyingp bagi para Mahasiswa Komunikasi/jurnalistik, Politisi, Pengambil Kebijakan, Praktisi Media Massa, dan Kritikus Media Massa.

  • Penulis: Apriadi Tamburaka
  • ISBN: 978-979-769-417-3
  • Halaman: 192
  • Tahun Terbit: 2012
, Product ID: 6460

Pin It on Pinterest

Share This